Laman

Senin, 10 Mei 2010

Tugas Mandiri Manajemen Mutu

Nama : Nurvita Oktaviana
Nim : 234109052
Kelas : S1 MTU Bandara

PENERAPAN MUTU PADA PT ACS

Latar Belakang
Aerowisata Internasional adalah pelopor dalam pengembangan industri pariwisata Indonesia, khususnya di bidang jasa dan pelayanan yang berkaitan dengan industri pariwisata dan keramahtamahan. Hingga kini, perusahaan ini memiliki dan mengelola hotel dan resor: Sanur Beach Hotel di Bali, Senggigi Beach dan Pool Villa Club di Lombok, Grand Preanger di Bandung, Hotel Widodaren di Surabaya dan Hotel Irian Biak di Papua.
Untuk mendukung PT Garuda Indonesia, yang merupakan induk perusahaan, Aerowisata mengoperasikan berbagai divisi: Aerowisata Catering Service, Satriavi Leisure Management, Garuda Orient Holidays, General Sales Agent Aerojasa Perkasa dan Mandira Erajasa Wahana Transportations.
Untuk mendukung semua keperluan operasionalnya, ACS memiliki cabang di Jakarta, Denpasar, Surabaya, Medan, Batam, Makassar dan Balikpapan. Cabang-cabang ini mampu menyajikan 69.500 porsi makanan untuk 400 penerbangan dalam setiap setiap harinya.
ACS baru-baru ini juga mulai merambah bisnis baru yaitu dengan dibukanya Panini House “Italian Grill Sandwich”, yang menyediakan roti khas Italia berlokasi di fx Lifestyle X’nter Jakarta. Dari segi produk dan pelayanan ACS menyediakan beragam produk dan layanan berkualitas tinggi untuk kebutuhan in-flight service penerbangan domestik maupun internasional.

Profil Perusahaan
Selama lebih dari 30 tahun, ACS telah menyediakan layanan boga penerbangan berkualitas tinggi untuk Garuda Indonesia dan belasan perusahaan penerbangan lain, baik domestik maupun internasional. Berbagai penghargaan bergengsi serta telah dilengkapi dengan sertifikasi berstandar internasional ISO 22000 Food Safety Management yang terintegrasi antara HSE (Health and Safety Environment) dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) serta sertifikat Halal dari MUI.
Sebagai sebuah perusahaan besar, ACS didukung oleh jajaran manajemen profesional, divisi Quality Assurance yang kompeten, beragam produk dan layanan yang berkualitas, serta divisi Produksi dan Opersional yang handal dan terpercaya.
Untuk mendukung seluruh aktifitas layanan boga penerbangan, ACS menggunakan sistem komputer terintegrasi di semua divisi. Mulai dari In-flite Manager, AMOS (Airlines Meal Order Sheet) Online, AMOS Display, ACCPAC, hingga System GA dan SITA Telex yang berfungsi sebagai alat komunikasi kepada pelanggan. Dengan adanya sistem IT yang canggih seperti ini, maka seluruh proses dapat dimonitor dengan mudah, cepat, akurat, efektif dan efisien.
Aerowisata Catering Services (ACS) adalah perusahaan penyedia jasa boga penerbangan berstandar international yang berdiri dibawah bendera PT Aerowisata International (holding company). ACS mengawali bisnisnya di tahun 1973 sebagai penyedia jasa boga untuk penerbangan Garuda Indonesia. Kini ACS melayani 18 maskapai penerbangan domestic dan internasional termasuk Garuda Indonesia, Qantas, Cathay Pacific, SQ, Air China, Emirates, Saudi and Qatar, Selain itu juga melayani meals untuk pesawat charter, VVIP dan penerbangan khusus seperti Haji.
Standardidasi yang ketat dapat dibuktikan mulai dari pengiriman dan kualitas bahan baku, proses pengolahan makanan, kebersihan karyawan, pencatatan temperature sampai cara penyajian makanan dalam pesawat yang menggunakan suhu sesuai dengan HACCP. ACS juga meningkatkan standard ISO nya menjadi ISO 22000 Food Safety Management yang mencakup HSE (Health and Safety Environment) dan Food Safety HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) serta sertifikat Halal dari MUI.
Kini ACS selain memiliki tiga Strategic Business Units (SBU) yang beroperasi di kota-kota besar di Indonesia yaitu Layanan Boga Penerbangan (In-flight Catering), Layanan Boga Industri (Industrial Catering) dan Logistik Penerbangan (In-flight Logistics). Saat ini Industrial Catering sudah menangani 9 rumah sakit seperti RS Mayapada, RS Omni Alam Sutra, RS Siloam Karawaci, RS Siloam Cikarang, RS Dr. Sutomo dan RS Jember dan masih akan terus berkembang.

Visi dan Misi Aerowisata
Visi
“The most preferred Indonesian hospitality business group”.
MISI
Misi yang diemban PT Aerowisata di dalam mencapai visi bisnis terdiri atas 3 (tiga) pernyataan:
(1) “Menyediakan dan menawarkan solusi profesional untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan segmen-segmen hospitality yang profitable akan produk dan jasa yang berkualitas, inovatif dan berkesinambungan”.
(2) “Menjaga dan meningkatkan hubungan kepercayaan bisnis kepada seluruh segmen customer dan client Aerowisata” (“Maintain and develop trustee relationship to all business group client or customer segment”).
(3) “Memberikan nilai tambah dan hasil yang optimal kepada seluruh stakeholders” (“Deliver value added and optimal return to all stakeholders”).

Nilai-nilai Inti Korporasi
“Customer Comes First”
Seluruh nilai-nilai yang dibangun baik yang berkaitan dengan arah pengembangan atau pun strategi bisnis, aktivitas internal, frame work manajemen bisnis maupun corporate culture yang dibangun akan selalu berorientasi kepada kepentingan customer.
Nilai-nilai “Brand” Korporasi Aerowisata
Nilai-nilai Brand Aerowisata adalah :
1. Sincere, yaitu memberikan pelayanan yang tulus, dengan kehangatan, keterbukaan dan hormat
2. Impeccable, yaitu menjalankan pekerjaan dengan sempurna dan tanpa cacat dengan standar yang paling tinggi
3. Proactive, yaitu mendorong untuk mencari dan memberikan solusi sehingga pelayanan dapat melebihi ekspektasi
4. Imaginative, yaitu memberikan motivasi untuk berani mengambil risiko, tantangan, serta mengeksplorasi cara-cara baru untuk menggugah Stakeholders.

Catering Service
Aerowisata Catering Services (ACS) adalah perusahaan penyedia jasa boga penerbangan berstandar internasional yang berdiri dibawah bendera PT Aerowisata (holding company). ACS mengawali bisnisnya di tahun 1970an sebagai penyedia jasa boga untuk penerbangan Garuda Indonesia. Kini ACS melayani hampir semua penerbangan domestik, internasional, charter, VVIP dan penerbangan khusus seperti Haji.
Untuk mendukung semua keperluan operasionalnya, ACS membuka beberapa cabang di Jakarta, Denpasar, Surabaya, Medan, Batam, Makassar dan Balikpapan. Cabang-cabang ini mampu menyajikan 69.500 porsi makanan untuk 400 penerbangan dalam setiap setiap harinya, mulai dari masakan khas Indonesia, Chinese, Japanese, hingga masakan Eropa, Italia dan Amerika.
ACS hanya menggunakan sayuran, buah dan bahan makanan paling segar dan berkualitas tinggi dari dalam dan luar negri untuk diolah menjadi sajian nikmat nan sehat. Semua bahan makanan dan minuman yang diproses oleh para Chef Profesional kami berada dibawah pengawasan ketat dari divisi Quality Assurance. ACS juga menerapkan standard operating procedure (SOP) dari ISO 9001-2000 dan lulus berbagai sertifikasi internasional seperti HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) dan sertifikat Halal dari MUI.
Kini ACS memiliki tiga divisi Strategic Business Units (SBU) yang beroperasi di kota-kota besar di Indonesia. Ketiga SBU itu adalah: Layanan Boga Penerbangan (In-flight Catering), Layanan Boga Industri (Industrial Catering) dan Logistik Penerbangan (In-flight Logistics)
Profesional Management
Paduan sempurna dari para pribadi berkualitas dengan rancangan sistem pengolahan data tercanggih dan perencanaan matang, membuat ACS senantiasa berada dalam lingkup manajemen yang profesional dan berkelas. Untuk aktifitas keuangan dan akuntansi, ACS menggunakan perangkat lunak ACCPAC yang terbukti mampu mengontrol keakuratan informasi yang tepat waktu di setiap lini siklus aktifitas, mulai dari pemesanan barang, penerimaan barang, pengendalian stok pergudangan, penjualan, pergerakan inventaris, aset tak bergerak, uang kas, laporan perbankan, cashflow, hingga data-data keuangan lainnya yang selalu disajikan secara detil dan akurat setiap waktu dibutuhkan.
Pengendalian di bidang pengadaan barang dilakukan dengan aturan yang telah dibakukan dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Mulai dari pemilihan pemasok, kualifikasi mereka, hingga syarat-syarat administrasi lainnya. Pengendalian terhadap pendapatan perusahaan juga berjalan dengan sistematis lewat program AMOS (Airlines Meal Order Sheet) yang bertugas untuk mencatat semua order yang dilakukan oleh pelanggan, mulai dari waktu pemesanan, jumlah pemesanan awal, pemesanan tambahan, hingga pemesanan akhir.
Setiap transaksi pembayaran pihak ketiga dan penerimaan pembayaran tagihan dari pelanggan dilakukan lewat bliyet Giro dan transfer bank. Transaksi tunai hanya untuk operasional yang bersifat mendesak dengan menggunakan dana kas kecil (petty cash). Setiap pengeluaran uang untuk mendanai operasional keuangan harus sepengetahuan manajemen cabang dan sesuai dengan otorisasi yang diberikan Direksi perusahaan yang dalam hal ini diwakili oleh Manajer Keuangan (Finance Manager) dan Pimpinan Cabang (General Manager). Auditing internal dan eksternal dilakukan secara berkala untuk memastikan sistem akuntansi dan keuangan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Quality Assurance
ACS hanya menggunakan bahan yang paling segar dengan mutu terbaik untuk untuk menciptakan berbagai hidangan berkualitas tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Seluruh proses pembuatan makanan bagi penerbangan ini dilakukan dengan pengawasan ketat dari Divisi Jaminan Mutu (Quality Assurance), sehingga kebersihan, kesehatan, dan kualitasnya terjamin dan layak konsumsi sesuai dengan ketentuan standar keamanan makanan internasional.
ACS juga memiliki prosedur operasi standar yang sangat ketat sesuai dengan ketentuan ISO 9001-2000 yang mencakup pula sertifikasi HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points). Sedangkan untuk menjamin kehalalannya, ACS memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Penghargaan dan Sertifikasi Reputasi ACS sebagai sebuah perusahaan yang menagedepankan produk serta layanan terbaik dapat terlihat dari banyaknya penghargaan serta sertifikasi yang kami peroleh dari berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri, seperti:
 ISO 9001:2000
 Hazard Analysis Critical Control Point HACCP
 Member of IFCA (International Flight Catering Association)
 Member of IFSA (In flight Food Service Association)
 Kosher Certification from the Majelis Ulama Indonesia
 Ramp Incident Free
 Japan Airlines
 Award of Supplier Assessment Program - Qantas Airways
 Certificate of Appreciation Excellent Service for Saudia Airlines
 Golden Award from Saudia Airlines
 Adikarya Wisata, DKI Jakarta
 Appreciation of the Outstanding Service to Qantas Airways
 Recognition of Service & Support, China Southern Airlines (CZ)
 Recognition of Successful Support, Saudia Airlines
 Food Safe Plus, from Australian Institute of Environmental Health
 Zero Accident Award: Digital Integration from In-flight Manager
Catering Software System

Operational
ACS memiliki divisi operasional yang menopang semua kegiatan pendukung untuk keperluan pelayanan penerbangan. Silahkan klik icon-icon dibawah ini untuk keterangan lebih lengkap.
A. Bonded Store
Bonded Store adalah fasilitas yang dimiliki oleh ACS untuk mengeloa dan menyimpan barang-barang milik airlines. Barang-barang yang dimaksud adalah barang-barang lokal yang berada dalam pengawasan Bea & Cukai serta barang-barang impor yang mendapat fasilitas bebas pajak/bea & cukai milik airline yang bekerja-sama dengan ACS untuk menangani proses penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, penggunaan dan pelaporan rutin atas barang-barang tersebut.
B. Penanganan Peralatan Airlines
ACS juga menyediakan fasilitas untuk menangani semua kebutuhan perlengkapan penerbangan, mulai dari menyeleksi perlengkapan makan yang telah melalui proses pencucian, penataan perlengkapan sesuai dengan kelas yang terdapat pada masing-masing penerbangan, penetapan jenis makanan yang telah dipesan oleh airlines via Load Order Sheet (LOS) atau Airline Catering Manual yang sesuai dengan konfigurasi tempat duduk masing-masing pesawat.
C. Dishwashing
Fasilitas Diswashing yang disediakan oleh ACS meliputi pengeluaran dan pemisahan perlengkapan makan, pencucian tersupervisi dengan menggunakan produk pembersih khusus dan temperatur tidak kurang dari 82°C di dalam mesin cuci modern serta penempatan perlengkapan makan di dalam keranjang yang sudah dilapisi dengan plastik untuk menghindari kontaminasi debu dan kotoran serta penyerahan kembali perlengkapan makan kepada airlines yang bersangkutan.
D. Laundry & Pelayanan Kabin
ACS memenuhi semua kebutuhan pencucian linen untuk airlines, mulai dari selimut, serbet, linen tray mat, sampai dengan face dan hand towel yang per harinya bisa mencapai lebih dari 2 ton. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan pencucian untuk semua item kabin seperti earphone, bantal, sarung bantal, penutup sandaran kursi, selimut dan penyediaan pernak-pernik kabin seperti kartu instruksi keselamatan, majalah penerbangan, head-set elektrik, Gallery items (paper kitchen roll, sarung tangan, dll) serta toilet article (tissue, airsicness bag, toilet roll, dll).
E. Pengiriman dan Transportasi
Untuk setiap pengiriman dan pengambilan makanan atau perlengkapan, ACS mengerahkan puluhan kendaraan khusus yang didesain untuk mengangkut jenis muatan tersebut. Tidak kurang dari 51 kendaraan hi-lift truck dan 53 unit mobil van siap untuk melayani para airlines yang bekerja sama dengan ACS. Kendaraan-kendaraan yang selalu dalam kondisi prima ini beroperasi selama 24 jam, 7 hari seminggu sesuai dengan kebutuhan airlines yang menggunakan jasanya.
F. Function
Fasilitas Function yang dimiliki oleh ACS menawarkan jasa boga diluar kebutuhan penerbangan, namun masih berfungsi sebagai penunjang pelayanan untuk kegiatan yang berhubungan dengan airlines. Mulai dari kebutuhan jasa boga untuk rapat, upacara, perayaan, hingga pelayanan di ruang tuggu keberangkatan bilamana terjadi keterlambatan penerbangan, dll.
G. Airport VIP Lounge
Airport VIP/Executive Lounge yang dikelola oleh ACS yang bisa Anda temui di terminal-terminal keberangkatan domestik ini menyediakan beragam pelayanan seperti telepon, TV, Internet, komputer, pijat refleksi, majalah & koran berbahasa Indonesia dan Inggris, ruang merokok, rest room dan berbagai jenis makanan dan minuman hangat, irisan buah segar, sandwich, kacang-kacangan, aneka jus, beragam minuman ringan, bir, dll.
Klien Kami
Aerowisata menangani penerbangan domestik dan penerbangan asing.
Penerbangan Domestik :
Airfast Indonesia, Batavia Air, Bouraq Indonesia, Caitlin, Indonesia Air Transport, Garuda Indonesia, Star Air, Kal Star, Transwisata, VVIP, Presidential Flight
Penerbangan Asing :
Air China , Asiana Airlines, Air Paradise, Australian Airlines, Australian Air, Force, Cathay Pacific, China Airlines, China Southern Airlines, Domodedovo, Emirates, Eva Air, Far Eastern, Gulf Air, Japan Airlines, Korean Air, Kuwait Airways, Malaysia Airlines, Philippine Airlines, Polar Air Cargo, Qantas Airways, Qatar Airways, Royal Brunei Airlines, Silk Air, Saudia Arabian Airlines, Singapore Airlines, Thai International Airways, V V I P Presidential Flight

Cabang Aerowisata di Indonesia
1. Soekarno Hatta International Airport JAKARTA
Setiap hari, sekitar 150 penerbangan yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta membawa 30.000 meals yang disediakan ACS Jakarta untuk kebutuhan para penumpang dan awak pesawat. Melayani 20 penerbangan asing dan 8 penerbangan domestik termasuk Garuda Indonesia, keberhasilan ACS dalam memenuhi permintaan dan kebutuhan pelanggannya tak lepas dari komitmen penuh 1400 karyawan, 31 truk pengangkut makanan dan 28 van dalam memproses, mengantarkan dan menyajikan makanan lezat dengan mutu terbaik. Penerapan ISO 22000 yang berintegrasi food safety dengan HACCP dan sertifikat halal dari MUI menjamin higienitas, kualitas, dan syarat halal dari setiap makanan yang disajikan. Sejarah ACS diawali pada tahun 1970 dan melalui beberapa kali pergantian nama dan basis operasional hingga menjadi seperti sekarang dengan nama Aerowisata Catering Service (ACS) dengan pusat kegiatan operasional di Bandara Soekarno-Hatta. Kini selain in-flight catering, ACS juga melayani outside catering untuk acara-acara airlines serta service on ground bilamana terjadi keterlambatan jadwal penerbangan. Unit usaha ACS Jakarta pun berkembang tak hanya untuk In-flight Catering tetapi juga merambah ke In-flight Logistic yang sekarang telah menyediakan kebutuhan logistik bagi Garuda Indonesia dan ke Industrial Catering yang melayani kebutuhan catering dan kantin karyawan industri pertambangan dan pengeboran minyak, dan beberapa rumah sakit bertaraf International
2. Ngurah Rai International Airport DENPASAR - Bali
Diawali dengan 1 (satu) unit mobil hi-lift truck merk Dogde dengan kapasitas produksi 500 meals per hari pada tahun 1975, ACS Denpasar di tahun 2008 berkembang menjadi penyedia jasa catering yang melayani 15 maskapai luar dan domestik dan menyajikan sekitar 15.000 meals untuk para penumpang dan awak pesawat. Tak terlalu jauh dari Bandara Ngurah Rai, gedung ACS Denpasar berdiri dan dilengkapi dengan fasilitas dan perlengkapan modern. Dukungan penuh dari SDM yang handal dan berpengalaman serta penerapan Airline Catering Software System yang canggih menjadi bagian vital tak terpisahkan dari seluruh rangkaian operasional ACS Denpasar. Kualitas terbaik tercermin dari keseluruhan proses produksi yang mengikuti standard ISO 9001 versi 2000 dan HACCP serta adanya sertifikasi HALAL FOOD dari MUI. ACS Denpasar memberikan pelayanan terbaik kepada customer dengan menyediakan fasilitas CIP Lounge, lengkap dengan telepon, bahan bacaan, snack dan minuman bagi penumpang Business Class dan Card Member di keberangkatan domestik Bandara Ngurah Rai.
3. Ir. H. Juanda International Airport Surabaya
Kepercayaan merupakan hal yang benar-benar kami jaga dengan baik. Terbukti dari permulaan 50 personil dan 600 meals produksi per hari untuk Garuda Indonesia di tahun 1991, hanya dalam kurun waktu 4 tahun saja ACS Surabaya bisa beroperasi di gedung baru yang memiliki kapasitas produksi hingga 19.000 meals per hari. Pada tahun 2000 kami juga mendapat kepercayaan mengelola Garuda Executive Lounge dan pelayanan Catering Haji untuk pesawat Saudi Arabia. Motto “kami memberikan service yang berkualitas kepada Airlines yang berkualitas” merupakan komitmen yang bermuara pada kepuasan yang akhirnya menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap ACS Surabaya. Agar citarasa yang dihasilkan menjadi baik dan pelanggan kami puas, proses pembuatan makanan melewati kontrol mutu yang ketat, berpedoman pada ISO 9000-2000 dan ketentuan standart keamanan makanan internasional (HACCP) sehingga makanan aman dan halal untuk dikonsumsi. Kini 5 airlines domestik dan 4 airlines international serta penerbangan VVIP atau penerbangan kepresidenan RI 5000
4. Polonia International Airport MEDAN
Medan merupakan satu-satunya perusahaan jasa boga penerbangan di Bandara Internasional Polonia Medan yang dilengkapi dengan fasilitas modern dan telah memenuhi standar catering international. Dipenuhinya standar tersebut dapat dilihat dari aspek cita rasa di mana hidangan yang disajikan memiliki rasa asli karena diolah oleh koki ahli dan berpengalaman mengolah menu internasional, menu khas nusantara hingga menu makanan diet. Sementara itu bagian Quality Assurance menjamin mutu dan kelayakan konsumsi makanan menurut standar keamanan makanan Internasional. Pelayanan cepat dan tepat waktu juga merupakan keunggulan dari ACS yang membuat perusahaan penerbangan domestik, TNI AU, penerbangan Charter Umum dan Kepresidenan, serta penerbangan VVIP lainnya memercayakan konsumsi sebanyak 2000 porsi perhari untuk penumpang dan awak yang berangkat dari Bandara Polonia Medan. Kemitraan dengan beberapa perusahaan jasa boga lokal juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sekitar 3500 porsi perhari pada penerbangan Haji yang berangkat dari Embarkasi Nanggroe Aceh Darussalam, tentunya setelah melalui berbagai seleksi ketat untuk menjamin kualitas makanan yang setara dengan standar ACS. Di luar catering penerbangan, ACS melayani pula catering umum untuk pesta, pernikahan, rapat, dll. Khusus di Medan, ACS menangani jasa pembersihan pesawat udara, di antaranya Garuda Indonesia, Star Air, Jatayu Airlines, China Airlines dan lainnya.
5. Sepinggan International Airport BALIKPAPAN
Mulai beroperasi sejak Juli 1997, unit kelima dari ACS ini didukung oleh 39 karyawan dengan produksi rata-rata 700 porsi meals per hari, yang terdiri dari hot refreshment, snack, makan siang dan makan malam untuk penumpang dan awak pesawat yang berangkat dari Bandara Sepinggan Balikpapan

Kesimpulan
Suatu sistem manajemen mutu yang berstandar internasional dan mengikuti perkembangannya untuk diterapkan di seluruh tingkatan kegiatan pada Aerowisata. Standardidasi yang ketat dapat dibuktikan mulai dari pengiriman dan kualitas bahan baku, proses pengolahan makanan, kebersihan karyawan, pencatatan temperature sampai cara penyajian makanan dalam pesawat yang menggunakan suhu sesuai dengan HACCP. ACS juga meningkatkan standard ISO nya menjadi ISO 22000 Food Safety Management yang mencakup HSE (Health and Safety Environment) dan Food Safety HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) serta sertifikat Halal dari MUI.
Manfaat penerapan ISO 9001:2000 adalah :
a. Meningkatkan kesehatan, keamanan dan perlindungan lingkungan dan karyawan.
b. Pengendalian manajemen lebih baik.
c Menambah distribusi yang efisien dan perawatan yang mudah
d. Meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
e. Perkembangan udaha perusahaan

Daftar Pustaka
1. ISO 9001:2000/SNI 19-9001-2001
2. Internet www.docstoc.com. SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9000 : 2000, Dr.Ir.H Dede Setiadi
3. www.iso.org
4. ISO 22000 sistem manajemen keselamatan makanan
5. ISO 19011: Pedoman Audit Sistem Manajemen Mutu dan Lingkungan

1 komentar:

  1. trimakasih atas penulisan informasinya,..tentang ACS,...

    BalasHapus